Samarkan Lingkaran Hitam pada Mata

Posted by Unknown On Saturday 21 September 2013 0 comments


Seorang dokter spesialis mata dari Moolchand Eye Clinic, India menjelaskan kenapa lingkarang gelap bawah mata bisa muncul. Manusia memiliki pembuluh darah yang bentuknya seperti jaring-jaring di bawah kulit. Karena bentuknya yang rumit seperti jaring, sel-sel darah merah harus 'antre' untuk melewatinya. Dalam proses tersebut, beberapa sel darah merah bisa saja 'bocor' ke area di sekeliling pembuluh. Kemudian enzim diproduksi untuk membersihkan sel-sel yang bocor. Pembersihan inilah yang menyebabkan area tersebut jadi berwarna hitam dan biru. Kondisi ini lebih sering terlihat pada bawah mata karena kulit di sekitarnya sangat tipis.
Nah bagi para wanita ini adalah tips samarkan lingkara hitam pada mata :
1. Eyeliner putih
Eyeliner tak cuma berfungsi untuk menyamarkan ukuran mata. Pensil khusus untuk dekorasi mata ini juga bisa digunakan untuk membuat mata Anda terlihat lebih segar. Gunakan eyeliner yang berwarna putih untuk menyamarkannya. "Aplikasikan eyeliner ini mulai di sudut mata. Cara ini akan membantu mencerahkan area bawah mata yang gelap dengan instan," ungkap Liz Pugh, Make-Up Artist dari London. Fokuslah di area kelopak bawah dan cekungan di sekitar hidung. Samarkan warna putih ini dengan menggunakan blush berwarna pink agar terlihat lebih alami.
2. Concealer
Kalau yang satu ini, Anda sudah pasti tahu manfaatnya. Untuk menyamarkan lingkaran hitam di mata, pilihlah warna kekuningan dua tingkat lebih terang dibandingkan warna kulit. Gunakan kuas kecil untuk mengoleskan concealer di area bawah mata ini. Triknya jangan menggunakan warna concealer yang sama untuk wajah Anda. Hal ini akan membuat lingkaran hitam bawah mata tetap terlihat lebih hitam dibanding kulit wajah sekitarnya.
3. Pengalih perhatian
Tak ingin bersusah payah menyamarkan area hitam ini, Anda perlu pengalih perhatian. Tetapi jangan gunakan maskara atau bulu mata bawah, karena justru akan membuat mata jadi lebih menonjol. Sebaiknya, tonjolkan bagian wajah paling sempurna Anda,misalnya bibir atau pipi. Pilih lipstik atau blush on yang berwarna terang, seperti pink atau oranye.

Penyebab lingkaran hitam pada mata adalah :
1. Penuaan
Kulit di sekitar mata sangat tipis dan halus. Begitu usia menua, kulit di sekitarnya jadi lebih tipis sehingga membuat pembuluh darah makin terlihat. Itulah sebabnya lingkarang hitam jadi terbentuk.
2. Kekurangan Nutrisi
Lingkarang gelap bawah mata juga bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi. Konsumsilah makanan kaya vitamin A, C, K dan E untuk membantu mengurangi tampilannya. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran beraneka warna karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
3. Kurang Tidur dan Kelelahan
Kurang tidur dan lelah membuat kulit tampak pucat. Akibatnya, darah di bawah kulit jadi lebih terlihat dan tampak lebih biru atau lebih gelap.
4. Merokok dan Minum Alkohol
Pesta sampai larut malam, merokok dan minum minuman beralkohol bisa merusak kulit yang akan berdampak pertama kali pada area bawah mata. Lingkarang gelap bawah mata bisa menjadi tanda kalau Anda mengalami dehidrasi. Minuman beralkohol dan mengandung kafein tinggi bersifat diuretik. Yaitu menambah frekuensi buang air kecil yang membuat Anda kekurangan cairan.
5. Paparan Sinar Matahari
Terpapar sinar matahari terlalu lama bisa menyebabkan pigmentasi pada permukaan kulit dan menimbulkan lingkaran gelap bawah mata. Ada dua lapisan kulit, epidermis dan dermis. Ketika melanin terlalu banyak diproduksi di bagian epidermis, maka kulit akan terlihat cokelat. Tapi apabila sampai ke dermis maka warnanya akan menjadi biru atau biru keabuan.
6. Perubahan Hormon
Pada wanita, kulit bisa mengalami perubahan yang signifikan karena kehamilan dan menstruasi. Salah satunya adalah penggelapan di sekitar bawah mata.
7. Alergi
Setiap kondisi yang membuat mata terasa gatal bisa menyebabkan lingkarang gelap akibat gesekan tangan saat mengucek mata. Selain itu lingkarang gelap bawah mata juga bisa menandakan Anda menderita alergi terhadap makanan atau kondisi tertentu.
8. Anemia
Kekurangan zat besi adalah salah satu tanda anemia. Dan anemia merupakan penyebab paling umum timbulnya lingkaran gelap bawah mata. Untuk mengatasinya, ubahlah pola diet Anda. Perbanyak sayuran berwarna hijau dan produk susu olahan agar kebutuhan zat besi tercukupi setiap harinya.

Nah cara alami menghilangkan lingkaran hitam pada wajah adalah :

1. Cukupi kebutuhan tubuh anda akan cairan, minum sedikitnya 8 gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat memicu munculnya lingkaran hitam pada mata anda. 
2. Hindari minuman yang mengandung soda dan kafein. Minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang dapat membuat bagian sekitar mata terlihat membengkak dan berwarna lebih gelap. Kafein mengganggu penyerapan air dalam tubuh sehingga memicu dehidrasi. Dehidrasi menyebabkan racun dalam tubuh tidak terbuang sempurna serta mempengaruhi warna kulit, termasuk di sekitar mata menjadi lebih gelap.
3. Usahakan Anda tidur minimal 8 jam sehari. Kurang tidur menyebabkan mata Anda lelah sehingga memicu terbentuknya kantong hitam di bawah mata.
4. Kompres mata menggunakan irisan mentimun. Ambil dua irisan tipis mentimun dan letakkan pada kelopak mata Anda. Cara ini dipercaya dapat menghilangkan bengkak dan memberikan efek dingin pada mata.
5. Jika ingin memakai krim mata maka pilihlah krim yang mengandung vitamin C dan E dan diformulasikan khusus untuk area mata.
6. Gunakan masker kentang untuk mengurangi warna hitam di area bawah mata. Di dalam kentang terkandung enzim catecholase yang dapat membantu menyamarkan lingkar mata yang menghitam. Potong kentang yang sudah didinginkan dan bentuk sesuai dengan bentuk lingkaran bawah mata. Tempelkan potongan kentang tersebut di area bawah mata sekitar 20 menit.
7. Rendamlah kantong teh yang sudah dipakai dalam air dingin kemudian kompreskan ke area di bawah mata. Cara ini diyakini efektif menyamarkan lingkaran gelap di bawah mata. 
10. Jika kantong mata hitam disebabkan oleh anemia maka Anda sebaiknya minum suplemen (sebaiknya suplemen alami) penambah darah yang mengandung zat besi, vitamin B6 dan B12.

Semoga artikel Samarkan Lingkaran Hitam pada Mata bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Post a Comment